Selasa, 06 Maret 2018

Permainan Mejikuhibiniu




Me-Ji-Ku-Hi-Bi-Ni-U



Me-Ji-Ku-Hi-Bi-Ni-U adalah suatu permainan tradisional yang sering dimainkan oleh anak-anak. Permainan ini merupakan salah satu permainan tradisional yang memanfaatkan jari kita untuk bermain. Mungkin pada era di zaman sekarang jari anak-anak khusus nya remaja seperti kita kebanyakan menggunakan jari kita untuk mengetik papan keyboard, untuk chatingan, dan untuk bermain dengan gadget nya. Tapi berbeda pada zaman SD pada dahulu. Mereka lebih sering menghabiskan atau mengisi waktu kosong dengan bermain dengan teman-temannya, salah satu nya memainkan permainan Me-Ji-Ku-Hi-Bi-Ni-U ini.
Permainan ini dinamakan Me-Ji-Ku-Hi-Bi-Ni-U karena permainan ini merupakan akronim dari 7 warna, diantara nya:


Me : Merah
Ji : Jingga
Ku : Kuning
Hi : Hijau
Bi : Biru
Ni : Nila
U : Ungu

Cara bermain :
1.      Cara mainnya adalah masing-masing menyumbang jari untuk melakukan perhitungan. Perhitungan sendiri dengan cara mengeja kata Me-Ji-Ku-Hi-Bi-Ni-U berulang-ulang sampe jari anak terakhir yang main. Eliminasi pemain dengan cara tersebut.
2.      Ketika satu orang tersisa belum tereliminasi berarti dapat dikatakn dia kalah dalam permainan dan harus mendapat hukuman
3.      Cara menentukan hukuman, semua orang menyumbang kembali jari nya untuk menentukan hukuman dengan cara mengeja kata “BomBasTerWit”, mengelilingi jari pemain.
BomBasTerWit merupakan akronim dari hukumannya yaitu
Bom : untuk pukulan tangan
Bas : bebas, bebas untuk melakukan hukuman apapun dari 3 hukuman yang akan di sebutkan
Ter : untuk putaran tangan kekanan dan kekiri seperti memeras baju
Wit : untuk cubitan ditangan
4.      Setelah mendapatkan hukumannya, selanjutnya menghitung berapa kali sipemain yang kalah untuk mendapatkan hukuman. Cara menentukannya yaitu dengan cara “Pong Opong”
5.      Setelah itu lakukan hukumannya.

Manfaat dari permainan Me-Ji-Ku-Hi-Bi-Ni-U adalah:
1.      Memberikan kegembiraan pada anak
2.      Menyehatkan jiwa anak
3.      Memberi pengetahuan warna terhadap anak

Sumber dikutip dari:

5 komentar: